Jenis-ROM

Jenis ROM yang Berada Pada Perangkat Komputer

Diposting pada

Semua orang pasti tidak asing lagi jika telah mengenal kata ROM dalam kehidupan sehari – hari bukan? apalagi seorang pecinta komputer. Terdapat beberapa informasi penting yang perlu anda semua ketahui tentang bagian dari komputer yang satu ini ya karena akan berpengaruh. Nah pada pembahasan kali ini anda akan di ajak untuk megetahui apa saja jenis ROM yang terdapat pada perangkat komputer ya.

Perlunya anda ketahui pengertian dari ROM ini sendiri yaitu salah satu bagian komponen komputer yang berbentuk chip memory berfungsi menyimpan informasi. Dengan kata lain bahwa ROM ini sendiri memiliki sifat permanen dan tidak akan pernah berubah sewaktu – waktu ya. Komponen komputer ini sendiri menyimpan berbagai kumpulan informasi firmware, lalu apakah anda tahu tentang firmware ini?.

Firmware ini adalah salah satu perangkat lunak yang berada di perangkat keras komputer berfungsi untuk mengontrol serta membantu setiap fungsi. Maksdunya adalah firmware ini akan siap membantu setiap fungsi dari perangkat kerasa yang berada dalam komputer serta membantu pengontrolan. ROM ini sendiri memiliki kepanjangan dari Read Only memory yang berfungsi unutk membaca data pada komputer anda.

Jenis ROM yang Berada Pada Perangkat Komputer

1. Jenis ROM yang Pertama, MROM (Mask Read Only Memory)

Nah pada jenis yang pertama ini bernama MROM atau Mask Read Only Memory dengan menggunakan kabel dan berisi kumpulan informasi data. Jenis MROM ini sendiri tidaklah memiliki harga yang terlalu mahal loh jika anda bandingkan dengan jenis ROM lainnya karena generasi pertama. MROM ini sendiri biasanya di gunakan untuk mempertahankan kekayaan intelektual menggunakan proses tertentu ya yang di sebut dengan photolithgraphy.

Nah hal tersebut sebagai pengamanan kekayaan intelektual yang akan memudahkan pengguna dalam mempertahankan data dari sebuah tindak kejahatan loh ya. Pengguna MROP ini berdasarkan kepada perakitan awal yang akan memasukkan mask ke dalam chip sebagai penyimpanan program ya. Tetapi jika anda ingin memasukkan beberapa mask maka haruslah bisa menyediakan beberapa chip lain yang bisa di tanami ya.

Sebab hal ini membuat ROM yang berjeniskan MROM ini jarang sekali di gunakan oleh para pengguna karena terkendala dalam biaya produksi tersebut. MROM ini memiliki kekurangan yaitu tidak dapat di perbaharui sebab sistem penyimpanannya hanya pada satu data yang telah tertanam tersebut. Meskipun memiliki kekurangan tetapi masih memiliki pengguna banyak loh ya karena fungsinya yang masih bisa di rasakan tetapi harus memiliki pertimbangan banyak.

2. Jenis PROM (Programmable Read Only Memory)

Untuk jenis yang kedua adalah PROM memiliki fungsi tersendiri yaitu memberikan pengaksesan penulisan data satu kali bagi para penggunanya. Isi dari PROM ini sendiri yaitu memori ksoong sehingga sangat membutuhkan perangkat pendukung atau khusus lainnya yaitu PROM burner/ PROM progammer. Nah jadi fungsi dari perangkat khusu tersebut untuk membantu kepenulisan data yang di perlukan oleh PROM yang masih kosong sebelumnya.

PROM ini sendiri merupakan jenis memori yang sering kali di gunakan terhadap perangkat komputer ya karena jenis ini merupakan inti dar porgam EEPROM. Fungsi dari jenis ROM ini sendiri yaitu sebagai hardware dalam penyimpanan data firmware, juga untuk menyimpan data permanen agar tidak mudah terhapus. Memori ini sendiri akan menyimpan datanya secara langsung mesikpun daya sebuah perangkat ini di maikan baik sesuai dengan prosedurnya atau secara paksa.

Sebuah datanya akan bisa terbaca seketika proses menghidupkan kembali daya yang ada pada sebauh perangkat tersebut. Pada jenis ROM ini memiliki chip kecil yang memiliki fungsi dalam menjalankan program kepentingan dari sebauh proses penyimpanan. Program yang telah tertanamkan pada chip tidak akan bisa di hapus maupun di hilangkah loh karena sifatnya yang permanen.

3. Electrically Erasable and Programmable Read Only Memory (EEPROM)

Pada jenis yang ketiga adalah EEPROM yang merupakan salah satu memori untuk menyimpan data dari pengguna dalam kebutuhan tertentu di komputer. Perlu anda ketahui bahwa EEPROM ini sendiri merupakan turunan dari jenis PROM yang merupakan memori sebelumnya. Penggunaan dari memory ini sendiri sangatlah mudah di operasikan sebab programnya lebih simpel serta dapat menggunakan perintah hapus secara elektris.

Penggunaan EERPOM ini sangatlah simpel untuk anda gunakan dalam satu komputer, sebab data yang tersimpan dapat di baca secara cepat. Hal tersebut sangatlah sesuai dengan fungsi dari ROM yaitu sebagai hardware penyimpanan dari sebuah data. Data dalam penyimpanan ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan firmware agar bisa di baca oleh komputer dengan adanya kode – kode.

4. Flash Memory ROM

Untuk jenis yang terakhir ini adalah flash memory ROM yang berupa perangkat hardware, bisa di tambahkan pada perangkat komputer ya. Flash memory room ini sendiri memiliki fungsi untuk memindahkan data serta menyimpan data yag telah di buat oleh pengguna. Perlunya anda ketahui bahwa data yang berada dalam jenis ROM ini sendiri akan aman meski tidaklah tersambung pada sumber energinya.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai jenis ROM yang akan membantu anda semua memahami bagaimana jenis – jenisnya. Ternyata ROM ini sendiri memiliki beragam macam jenis jarang kita semua ketahui secara jelas. Apalagi di setiap ROM memiliki fungsi serta bentuk yang berbeda nih sehingga akan membantu menambah pengetahuan kita nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *